Selasa, 01 Maret 2011

Mengembalikan Daya/Kemampuan Baterai Li-Ion Agar Normal Kembali



Ini adalah tips yang sudah sangat lama saia dapatkan, mungkin akhir tahun 1999 atau awal tahun 2000. Mungkin di antara shohib ada yang belum tau.

Jika anda memiliki device/gadget (handphone, handycam, PDA, Blackberry, Laptop, Eee PC, dll) yang menggunakan baterai Li-ion yang sudah ngedrop durasi servicenya, jangan dibuang. Insya Allah masih bisa diselamatkan. Insya Allah tips ini layak anda praktekan.
  1. Siapkan plastik yang berukuran lebih besar dari baterai yang akan di treatment. Plastik yang digunakan boleh plastik apa saja, asal tidak bocor. Beberapa teman saya yang sangat berhati2 mewajibkan harus menggunakan plastik yang memiliki seal/ klem (seperti plastik kemasan obat dari apotek). Beberapa yang lain mewajibkan menggunakan plastik wrap yang harus vacuum udara di dalamnya. Saia, jujur, karena belum tentuk punya plastik seal dan mesin plastik wrap, jadi saya hanya menggunakan plastik kiloan yang biasa dipakai untuk bikin es mambo atau es batu (tergantung ukuran baterai).
  2. Masukan baterai yang sudah nge-drop ke dalam plastik, ikat/ seal rapat2. Pastikan tidak ada udara yang bisa keluar atau masuk ke dalam plastik.
  3. Simpan baterai yang sudah dilindungi plastik tersebut ke dalam freezer kulkas anda. Set tingkat suhu ke 3 atau 4. Tunggu sampai minimal 3 jam. Kalau saya biasanya saya tinggal tidur malam hari.
  4. Keluarkan baterai, buka plastiknya dan diamkan selama kurang lebih 2 jam. Tujuannya adalah agar baterai mengalami proses pengembalian suhu sesuai suhu kamar secara alami. Jangan dipanaskan, cukup letakan baterai ditempat yang terhindar dari sinar matahari atau sumber radiasi panas lainnya.
  5. Pasang baterai sesuai device/ gadgetnya.
  6. Lakukan charging seperti charging baterai baru (sesuai petunjuk dari manual book). Umumnya 6-8 jam.
  7. Lepas charger. insya Allah device/ gagdet anda seperti memiliki baterai baru.
Fungsi pendinginan ini menurut teman saia yang ngasih tau, adalah untuk mengembalikan cell li-ion yang sudah mekar kembali seperti ukuran semula. Untuk baterai jenis hp yang pipih biasanya baterai yang sudah drop itu mudah terlihat, akan terlihat 'melendung' pada bagian yang pipih. Setelah dilakukan pembekuan ini, ukurannya akan kembali normal.

Terus terang saia gak bisa menjelaskan sisi ilmiahnya, secara saia cuma penggemar gadget (end user) yang sudah membuktikan tips ini.
penulis tidak menjamin 100% tapi tips ini bisa di coba....

5 komentar:

  1. Forum kecantikan :

    Hub. 0812 8434 8988

    Pin Bbm. 3265 B442

    obat penggemuk badan alami

    obat penggemuk badan

    obat penambah berat badan

    obat gemuk

    obat pembesar payudara

    suplemen pembesar pemanjang penis herbal

    obat pelangsing badan

    obat pelangsing tubuh

    cream pelangsing perut

    obat peninggi badan

    obat peninggi badan alami

    obat pemutih wajah

    cream pemutih wajah

    PERONTOK BULU PERMANEN

    vakum pembesar payudara

    alat pembesar payudara

    obat perapat vagina

    BalasHapus
  2. agan sendiri udah nyoba dan berhasil kah??

    BalasHapus